Jenis Sprint Retrospective
Hai, hai selamat datang kembali ke blogg aku. Bagi yang baru baca salam kenal ya . Topik yang hari ini aku bawakan mengenai Sprint Retrospective. mumpung di hari libur ini dan aku amat sangat gabut jadi kepikiran deh untuk menulis blog hari ini, sekaligus untuk melegakan penat di kepala karna kebanyakan ngoding lol (canda gais). Yuk kita mulai aja ya
Seperti yang kalian tahu Sprint Retrospective termasuk ke dalam cara pengembangan aplikasi dengan menggunakan teknik Scrum. Aku jelasin singkat dulu sebelumnya apa aja sih sebenarnya teknik pengembangan metodologi scrum ini
Tahap ini adalah tahap awal pada pengembangan software. Pada tahap ini, biasanya akan disusun tim serta project vision.
2. Plan and Estimate
Pada tahap ini, dilakukan perencanaan untuk memulai sprint. Menyusun tasklist berdasarkan user story serta menyusun backlog.
3. Implement
Eksekusi. Yap, perencanaan yang telah disusun di tahap sebelumnya mulai dieksekusi di tahap Implement ini. Pada tahap ini juga dilakukan daily standup meeting untuk menceritakan kendala atau evaluasi dari apa yang telah dikerjakan.
4. Retrospective
Nah, ini dia. Retrospect ini sering dianggap sebagai perayaan selesainya pekerjaan pada suatu Sprint. Padahal, yang perlu ditekankan dalam tahap ini adalah review dan improvement. Tahap ini seharusnya diisi dengan evaluasi dari Sprint yang telah dikerjakan serta merencanakan Sprint berikutnya. Tentunya, tahap ini memiliki tujuan agar kendala dan kekurangan pada Sprint sebelumnya bisa diminimalisir.
5. Release
Tahap terakhir ini adalah tahap pengiriman produk yang telah memenuhi seluruh kriteria dari klien.
1. Teknik Pertanyaan
Cara ini merupakan cara yang paling banyak orang - orang gunakan saat ini. dengan teknik seperti ini anggota pasti tidak akan merasa bosan atau bingung karna pertanyaan yang ditanyakan yang seperti
"Apa saja kesulitan serta keberhasilan dari sprint saat ini?"
Tentu saja dengan pertanyaan ini dengan tujuan anggota jadi tahu akan kelebihan dan kekurangan saat mereka melakukan pekerjaan mereka. Dan jika adanya kesulitan ato kekurangan yang dapat diperbaiki, maka dapat dilakukan evaluasi dengan melakukan diskusi untuk meminimalisir kesulitan dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan di sprint tersebut
a. Gambar suasana laut pada papan/ whiteboard/ ato pake template (PPKM gais jadi online buatnya) membuat airnya, sailboat, jangkar, angin, pulau, dan batu, jangan lupa mataharinya gais.
b. Ceritakan kehaluan kalian dari gambar yang dibuat dari tahap pertama
Tim diibaratkan menjadi sailboat yang berlayar ke sebuah pulau dengan pulau sebagai tujuan Sprint. Terdapat bantuan dari angin, yang mendukung sailboat untuk sampai ke tujuan. Ada juga batu yang menjadi resiko yang akan ditemui, jangkar yang menghambat sailboat sampai ke tujuan, dan matahari sebagai ide-ide cemerlang untuk melanjutkan perjalanan sampai ke pulau.
c. Beri waktu anggota tim untuk berpikir dan menulis pada post it atau pada gambar template yang dibuat. Misal menulis dukungan, ditaro pada bagian angin
d. Beri juga waktu untuk anggota tim menjelaskan mengenai apa yang mereka tuliskan pada tahap ketiga
e. Selanjutnya tentu saja melakukan evaluasi dari hasil melihat hambatan, ide, bantuan dan resiko dari setiap anggota tim. maka akan dilanjutkan dengan diskusi agar lebih meminimalisir hambatan dan resiko dan memasukkan ide dan masukan. Pada tahap ini, fasilitator harus menangkap dan menulis action dari diskusi tersebut
f. Action ini yang merupakan solusi yang dapat diterapkan pada Sprint berikutnya sebagai bentuk improvement agar tim jadi lebih baik
Komentar
Posting Komentar