Psyduck


Psyrun
Julius Oscar – 21016334243
William Limas – 2101629376

1. Title : Psyrun

2. Game overview
            2.1 Concept
                Psyrun adalah game platformer adventure yang menggabungkan rintangan-rintangan yang tidak mudah dan terus meningkat seiring dengan perjalanan karakter. Namun meskipun kesan yang ingin ditimbulkan cukup sulit, bisa dipastikan bahwa game ini tidak memiliki aura negatif yang bisa saja menjengkelkan hingga perlu diberi peringatan.
           
            2.2 Genre
            Untuk Genre seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa game ini adalah game Adventure-Platformer, dengan riddle seiring dengan perjalanan serta petualangan  karakter dalam menjalani storynya. Pemain akan disuguhkan dengan game mechanics khas salah satu genre game tertua yang pernah ada. Tentu tidak seperti platformer yang mungkin disuguhkan rintangan tertentu yang harus dilewati, game yang akan kami rancang akan menambah tingkat kesulitannya dengan menyertakan semua rintangan itu dengan diselingi boss fight turn-based sehingga lebih menantang kinerja otak serta penalaran dari player soal cara mengalahkan boss tersebut.

           
            2.3 Target Audience
            Psyrun sendiri menargetkan para player dari segala range umur, namun, jika masih anak-anak dibawah 7 tahun, disarankan untuk bermain dengan bimbingan orang tua. Karena dengan themenya yang santai, storylinenya yang simple dan penalaran yang sewajarnya. Namun, akan ada beberapa rintangan yang sulit dan dapat menjengkelkan bagi beberapa anak-anak yang masih usia dini, tentu kami melihat tidak ada alasan game ini tidak dimainkan siapapun dari semua range umur jika dibawah pengawasan orang tua. Kami menilai dari pengalaman tim dan teman-teman lainnya, bahwa pada usia yang beranjak remaja ini anak mulai mengeksplor dunia yang belum mereka tahu. Penerimaan serta penalaran mereka pun sudah mulai berkembang sehingga dirasa cukup untuk diasah dalam memainkan game ini. Mereka yang senang dengan tantangan dan boss fight juga dirasa cocok, asal mereka bisa menerima tantangan-tantangan di dalam game ini yang menjengkelkan tanpa emosi.

            2.4 Game Flow Summary
            Secara singkat cerita, player akan disuguhkan dengan scene awal dimana karakter utama, Psyduck, akan memulai perjalanannya untuk mengalahkan boss Magikarp. Seiring dengan berjalannya level demi level, player akan menemukan berbagai macam kesulitan dan rintangan dengan selipan selipan musuh di dalamnya. Namun masih cukup sederhana karena game ini kurang lebih tidak mengandung plot twist. 
            Secara interface, game ini mirip dengan platformer lainnya. Kami mengambil inspirasi dari Mario Bros. Player bergerak horizontal di dalam game world yang nuansa nya fun dan asik. Player dapat berjalan dan melompat.




            2.5 Feel and Look
            Seperti yang telah dipaparkan di atas, game kami menerapkan feel yang fun, penuh tantangan, dan kejengkelan dalam perjalanan karakter. Hal tsb diperkuat dengan background music yang menjengkelkan dan membuat pendengarnya ikutan pusing. Game ini terinspirasi dari Mario Bros. untuk konsepnya, namun kami memang tertarik dengan karakter Psyduck dari Pokemon, sebuah karya animasi Jepang, dan merasa belum ada game yang menggunakan Psyduck sebagai karakter utamanya. Visual Stylenya didominasi background colorful. Meski suasananya fun dan jengkel namun game ini tidak akan sampai pada titik yang disturbing dan uncomfortable to watch or play.




3. GamePlay and Mechanics
            3.1 Gameplay

                        3.1.1 Game Progression.
                        Untuk progression dari game ini, seperti kebanyakan platformer lainnya, Psyrun memiliki progression dengan beberapa level, yang mana storyline akan berlanjut seiring naiknya level. Terdiri atas kurang lebih 3 level dengan mainpoints. Mainpoints yang menandakan start/finishnya suatu level yang akan disimpan secara rapi dalam backendnya, namun tidak akan dapat dirasakan oleh player terkait sehingga player akan merasakan gameplay yang seamless dan berkelanjutkan. Gameplay akan berakhir saat karakter dapat mengalahkan boss pada level terakhir.

                        3.1.2 Mission/Challenge Structure
                        Challenge structure di sini hanya mencakup main mission. Karena memang keseluruhan game pun bukanlah game yang kompleks. 1 storyline, 1 progression, dan 1 core gameplay, yaitu platformer dengan rintangan dan boss di dalamnya. Jadi kurang lebih tidak akan ada mini games, side mission, semua straight forward dari awal storyline, hingga end of the story. Seiring dengan berjalannya gameplay dan story, 
           
                        3.1.3 Boss Structure
                        Boss di sini berarti suatu musuh yang kuat yang harus dikalahkkan oleh player dengan battle scene yang berbasis turn based.

                        3.1.4 Objectives.
                        Game ini memiliki beberapa objective kecil memang, yang mana menyesuaikan dengan rintangan yang akan dilalui karakter tersebut. Namun Main objectives dari game ini adalah karakter harus mengalahkan boss yang terakhir. Untuk dapat melawan boss terakhir, nantinya player terlebih dahulu melewati seluruh level yang ada, semua rintangan yang menghalangi jalannya karakter. Baru lah setelah karakter sudah sukses dan dapat berhadapan dengan boss terakhir “Magikarp” maka player harus mengalahkan boss ini untuk menyelesaikan game.

                        3.1.5 Play Flow
                        Kita adalah Psyduck, seekor bebek yang memiliki kemampuan yaitu pusing setiap saat. Psyduck lahir dari ayahnya, Psydad, yang merupakan seorang parkour artis luar biasa di dunia pokemon. Bapaknya (Psydad), adalah seorang jawara parkour yang sangat disegani di lingkungan tsb. Kita pun sudah mulai tumbuh menjadi anak parkour yang handal dan baik hati. Hal ini tentu baik disatu sisi, namun tidak disisi lain. Karena, keluarga Psy sering diincar  oleh pesaingnya dari daerah daerah lainnya. Nah suatu ketika, hal buruk terjadi. Ada salah satu pesaing berat, yaitu Magikarp, menyerang land of Ducks, membabi buta menghabisi warga-warga secara mendadak saat semua orang sedang tidur. Nahas, keluarga kita pun terbunuh termasuk ayah kita.

                        Kita pun memulai perjalanan dari land of Ducks, kita berjalan, melalui berbagai rintangan serta musuh agar kita bisa sampai ke lokasi Magikarp, yaitu Gyaradosnesia. Seiring dengan banyaknya rintangan yang kita lewati, kita akan melalui door of magic untuk sampai ke Gyaradosnesia. Sesampainya di lokasi tsb, kita pun akan dihadang oleh Magikarp, lalu kita pun akan bertarung dengan Magikarp. Setelah kita melewati itu semua dan mengalahkkan boss. Setelah Magikarp kalah, kita pun berhasil mengalahkan kejahatan dan membalaskan dendam warga land of Ducks.

            3.2 Mechanics

                        3.2.1.    Physics – How does the physical universe work?
                        Dunia dari latar tempat game ini, (land of Ducks) adalah suatu set yang baik dan tentram, level 2 adalah jalan dari land of Ducks menuju Gyaradosnesia, dimana banyak anak buah Magikarp yang menghadang, sementara di Gyaradosnesia terdapat Magikarp yang sudah menunggu. Suatu set horizontal yang sangat panjang, yang terbagi dalam 3 level. Dalam setiap level terdapat rintangan platform yang harus diselesaikan untuk dapat masuk ke dalam door of magic. Bila door of magic sudah terbuka, maka player nantinya akan sampai kepada level berikut. Untuk map, ada ground, platform, sky, dan berbagai macam pohon dan tentunya house of magic dimana terdapat door of magic. Semua ada limitasi jarak, dan bisa ditempuh lewat lompatan. Jatuh terlalu tinggi dalam akan mati dan respawn di level 1, terserang oleh antek-antek Magikarp bisa mati, serta bila terserang oleh Magikarp, tentunya juga bisa mati.

3.2.2.    Movement in the game
Player dapat berjalan dan melompat. Pergerakan dalam game menggunakan arrow key pada keyboard.

3.2.3. Actions:
            In Game
- Right arrow – walk right
- Left arrow – walk left
- Up arrow – jump

3.2.4.    Combat
Semua combat akan terjadi di level terakhir dimana Psyduck akan berhadapan dengan boss Magikarp dimana akan bersifat turn based.

3.2.6.    Economy
- Player akan mati dan respawn jika terjatuh ke jurang
- Player akan mati jika terserang musuh
- Player akan mati jika terserang Magikarp

3.2.7.    Screen Flow
Untuk kesinambungan screen sendiri, terpapar di atas bahwa memang setnya terdiri atas 3 level. Game ini ada tamatnya setelah kita mengalahkan Magikarp. Game ini diawali dengan scene di land of Ducks dan diakhiri dengan di Gyaradosnesia. Untuk perpindahan level bisa dilihat dengan masuknya karakter lewat door of magic. Perpindahan level akan dipaparkan secara langsung jika player melewati door of magic. Pada saat sampai di level 3, player akan langsung dipaparkan dengan boss Magikarp dan akan langsung masuk ke battle screen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Sprint Retrospective