Psyduck
Psyrun
Julius Oscar –
21016334243
William Limas –
2101629376
1. Title : Psyrun
2. Game overview
2.1 Concept
Psyrun adalah game platformer adventure yang menggabungkan
rintangan-rintangan yang tidak mudah dan terus meningkat seiring dengan perjalanan
karakter. Namun meskipun kesan yang ingin ditimbulkan cukup sulit, bisa
dipastikan bahwa game ini tidak memiliki aura negatif yang bisa saja menjengkelkan
hingga perlu diberi peringatan.
2.2 Genre
Untuk Genre seperti yang telah
dipaparkan di atas bahwa game ini adalah game Adventure-Platformer, dengan
riddle seiring dengan perjalanan serta petualangan karakter dalam menjalani storynya. Pemain
akan disuguhkan dengan game mechanics khas salah satu genre game tertua yang
pernah ada. Tentu tidak seperti platformer yang mungkin disuguhkan rintangan
tertentu yang harus dilewati, game yang akan kami rancang akan menambah tingkat
kesulitannya dengan menyertakan semua rintangan itu dengan diselingi boss fight
turn-based sehingga lebih menantang kinerja otak serta penalaran dari player
soal cara mengalahkan boss tersebut.
2.3 Target Audience
Psyrun sendiri menargetkan para
player dari segala range umur, namun, jika masih anak-anak dibawah 7 tahun,
disarankan untuk bermain dengan bimbingan orang tua. Karena dengan themenya
yang santai, storylinenya yang simple dan penalaran yang sewajarnya. Namun,
akan ada beberapa rintangan yang sulit dan dapat menjengkelkan bagi beberapa
anak-anak yang masih usia dini, tentu kami melihat tidak ada alasan game ini
tidak dimainkan siapapun dari semua range umur jika dibawah pengawasan orang
tua. Kami menilai dari pengalaman tim dan teman-teman lainnya, bahwa pada usia
yang beranjak remaja ini anak mulai mengeksplor dunia yang belum mereka tahu.
Penerimaan serta penalaran mereka pun sudah mulai berkembang sehingga dirasa
cukup untuk diasah dalam memainkan game ini. Mereka yang senang dengan tantangan
dan boss fight juga dirasa cocok, asal mereka bisa menerima tantangan-tantangan
di dalam game ini yang menjengkelkan tanpa emosi.
2.4 Game Flow Summary
Secara singkat cerita, player akan
disuguhkan dengan scene awal dimana karakter utama, Psyduck, akan memulai
perjalanannya untuk mengalahkan boss Magikarp. Seiring dengan berjalannya level
demi level, player akan menemukan berbagai macam kesulitan dan rintangan dengan
selipan selipan musuh di dalamnya. Namun masih cukup sederhana karena game ini
kurang lebih tidak mengandung plot twist.
Secara interface, game ini mirip
dengan platformer lainnya. Kami mengambil inspirasi dari Mario Bros. Player
bergerak horizontal di dalam game world yang nuansa nya fun dan asik. Player
dapat berjalan dan melompat.
2.5 Feel and Look
Seperti yang telah dipaparkan di
atas, game kami menerapkan feel yang fun, penuh tantangan, dan kejengkelan
dalam perjalanan karakter. Hal tsb diperkuat dengan background music yang
menjengkelkan dan membuat pendengarnya ikutan pusing. Game ini terinspirasi
dari Mario Bros. untuk konsepnya, namun kami memang tertarik dengan karakter
Psyduck dari Pokemon, sebuah karya animasi Jepang, dan merasa belum ada game
yang menggunakan Psyduck sebagai karakter utamanya. Visual Stylenya didominasi
background colorful. Meski suasananya fun dan jengkel namun game ini tidak akan
sampai pada titik yang disturbing dan uncomfortable to watch or play.
3. GamePlay and
Mechanics
3.1 Gameplay
3.1.1 Game Progression.
Untuk progression dari
game ini, seperti kebanyakan platformer lainnya, Psyrun memiliki progression
dengan beberapa level, yang mana storyline akan berlanjut seiring naiknya
level. Terdiri atas kurang lebih 3 level dengan mainpoints. Mainpoints yang
menandakan start/finishnya suatu level yang akan disimpan secara rapi dalam
backendnya, namun tidak akan dapat dirasakan oleh player terkait sehingga
player akan merasakan gameplay yang seamless dan berkelanjutkan. Gameplay akan
berakhir saat karakter dapat mengalahkan boss pada level terakhir.
3.1.2 Mission/Challenge
Structure
Challenge structure di
sini hanya mencakup main mission. Karena memang keseluruhan game pun bukanlah
game yang kompleks. 1 storyline, 1 progression, dan 1 core gameplay, yaitu platformer
dengan rintangan dan boss di dalamnya. Jadi kurang lebih tidak akan ada mini
games, side mission, semua straight forward dari awal storyline, hingga end of
the story. Seiring dengan berjalannya gameplay dan story,
3.1.3 Boss Structure
Boss di sini berarti
suatu musuh yang kuat yang harus dikalahkkan oleh player dengan battle scene
yang berbasis turn based.
3.1.4 Objectives.
Game ini memiliki
beberapa objective kecil memang, yang mana menyesuaikan dengan rintangan yang
akan dilalui karakter tersebut. Namun Main objectives dari game ini adalah
karakter harus mengalahkan boss yang terakhir. Untuk dapat melawan boss
terakhir, nantinya player terlebih dahulu melewati seluruh level yang ada,
semua rintangan yang menghalangi jalannya karakter. Baru lah setelah karakter
sudah sukses dan dapat berhadapan dengan boss terakhir “Magikarp” maka player
harus mengalahkan boss ini untuk menyelesaikan game.
3.1.5 Play Flow
Kita adalah Psyduck, seekor
bebek yang memiliki kemampuan yaitu pusing setiap saat. Psyduck lahir dari
ayahnya, Psydad, yang merupakan seorang parkour artis luar biasa di dunia
pokemon. Bapaknya (Psydad), adalah seorang jawara parkour yang sangat disegani
di lingkungan tsb. Kita pun sudah mulai tumbuh menjadi anak parkour yang handal
dan baik hati. Hal ini tentu baik disatu sisi, namun tidak disisi lain. Karena,
keluarga Psy sering diincar oleh
pesaingnya dari daerah daerah lainnya. Nah suatu ketika, hal buruk terjadi. Ada
salah satu pesaing berat, yaitu Magikarp, menyerang land of Ducks, membabi buta
menghabisi warga-warga secara mendadak saat semua orang sedang tidur. Nahas,
keluarga kita pun terbunuh termasuk ayah kita.
Kita pun memulai
perjalanan dari land of Ducks, kita berjalan, melalui berbagai rintangan serta musuh
agar kita bisa sampai ke lokasi Magikarp, yaitu Gyaradosnesia. Seiring dengan
banyaknya rintangan yang kita lewati, kita akan melalui door of magic untuk
sampai ke Gyaradosnesia. Sesampainya di lokasi tsb, kita pun akan dihadang oleh
Magikarp, lalu kita pun akan bertarung dengan Magikarp. Setelah kita melewati
itu semua dan mengalahkkan boss. Setelah Magikarp kalah, kita pun berhasil
mengalahkan kejahatan dan membalaskan dendam warga land of Ducks.
3.2 Mechanics
3.2.1. Physics – How does the physical universe
work?
Dunia dari latar tempat
game ini, (land of Ducks) adalah suatu set yang baik dan tentram, level 2
adalah jalan dari land of Ducks menuju Gyaradosnesia, dimana banyak anak buah
Magikarp yang menghadang, sementara di Gyaradosnesia terdapat Magikarp yang
sudah menunggu. Suatu set horizontal yang sangat panjang, yang terbagi dalam 3
level. Dalam setiap level terdapat rintangan platform yang harus diselesaikan
untuk dapat masuk ke dalam door of magic. Bila door of magic sudah terbuka,
maka player nantinya akan sampai kepada level berikut. Untuk map, ada ground, platform,
sky, dan berbagai macam pohon dan tentunya house of magic dimana terdapat door
of magic. Semua ada limitasi jarak, dan bisa ditempuh lewat lompatan. Jatuh
terlalu tinggi dalam akan mati dan respawn di level 1, terserang oleh
antek-antek Magikarp bisa mati, serta bila terserang oleh Magikarp, tentunya
juga bisa mati.
3.2.2. Movement in the game
Player
dapat berjalan dan melompat. Pergerakan dalam game menggunakan arrow key pada
keyboard.
3.2.3.
Actions:
In Game
-
Right arrow – walk right
-
Left arrow – walk left
-
Up arrow – jump
3.2.4. Combat
Semua
combat akan terjadi di level terakhir dimana Psyduck akan berhadapan dengan
boss Magikarp dimana akan bersifat turn based.
3.2.6. Economy
- Player
akan mati dan respawn jika terjatuh ke jurang
- Player
akan mati jika terserang musuh
- Player
akan mati jika terserang Magikarp
3.2.7. Screen Flow
Untuk
kesinambungan screen sendiri, terpapar di atas bahwa memang setnya terdiri atas
3 level. Game ini ada tamatnya setelah kita mengalahkan Magikarp. Game ini
diawali dengan scene di land of Ducks dan diakhiri dengan di Gyaradosnesia.
Untuk perpindahan level bisa dilihat dengan masuknya karakter lewat door of
magic. Perpindahan level akan dipaparkan secara langsung jika player melewati
door of magic. Pada saat sampai di level 3, player akan langsung dipaparkan
dengan boss Magikarp dan akan langsung masuk ke battle screen.
Komentar
Posting Komentar